Wednesday, October 1, 2014


1. Ketahui dan pahami tubuh kita sendiri. Kenali bagaimana dan kebiasaan kita jika mulai cape dan letih, makanan/minuman/kondisi yang mungkin menyebabkan alergi, serta obat-obatan yang biasa dikonsumsi.
2. Beristirahatlah sehari sebelum memulai perjalanan. Bagi pekerja kantoran,biasanya hari-hari sebelum cuti adalah masa paling sibuk sedunia. Untuk mensiasatinya, kurangi  jadwal perjalanan hari pertama supaya di hari-hari berikutnya tidak ambruk.
3. Banyak minum air putih. Kegunaan air bukan hanya menghilangkan rasa dahaga, melainkan menetralisir suhu tubuh di cuaca yang tidak bersahabat, menghindari dehidrasi, dan melancarkan peredaran darah.
4. Bawa vitamin atau madu selama traveling. Konsumsi suplemen tersebut setiap hari dalam waktu seminggu sebelum berangkat dan selama perjalanan. Vitamin dan madu sangat penting untuk meningkatkan stamina tubuh.
5. Biasakan berolahraga (atau minimal jalan kaki setiap hari) sehingga pada saat traveling, kita sudah terbiasa dan tidak kepayahan.
6. Tidur yang cukup. Kita cenderung memaksakan jadwal yang padat dan mengabaikan waktu tidur selama traveling. Padahal,tidur yang cukup saat bepergian itu sangat  diperlukan untuk menjaga kondisi tubuh. Jadi, biar sepadat apapun jadwal kita, tetap alokasikan waktu yang seimbang buat beristirahat.
7. Bawa hand-sanitizer,tissue basah,pembersih toilet atau cairan apapun yang berguna sebagai pembunuh bakteri. Jangan lupa mencuci tangan sebelum makan dan mengelap dudukan toilet sebelum digunakan.
8. Untuk menghindari kutu kasur atau bedbugs yang mengakibatkan gatal-gatal (dan parahnya, penyakit kulit), gunakan celana panjang saat tidur di penginapan. Kalau masih kurang yakin, bawa sarung/selimut sendiri dan gunakan sebagai alas tidur.
9. Jangan menahan buang air. Menahan buang air akan mengakibatkan penyakit, infeksi dan keracunan. Jadi, pergilah ke toilet jika ingin, dan tidak usah merasa tidak nyaman di toilet umum.
10. Kalau kamu punya kebiasaan mabok darat-laut-udara, siapkan obat-obatan untuk menghindari mabok tersebut. Pada saat berada di kendaraan bermotor, kereta, kapal atau pesawat, sering-seringlah menarik nafas panjang. Banyaknya udara yang mengalir ke paru-paru akan mengurangi mabok.
Selamat traveling!

Sumber: claudiakaunang.com

0 comments:

Post a Comment