Thursday, October 2, 2014


Lidah buaya atau aloevera (bahasa kerennya :)) yang biasanya untuk penyubur rambut kini bisa kita temukan dalam aneka obat, makanan dan minuman yang sehat dan kaya manfaat. Di Kota wisata Batu ini, olahan lidah buaya pertama kali dibuat oleh ibu-ibu Kelompok Tani Wanita Sri Rejeki yang dimotori oleh Ibu Mamik Sumarmi pada tahun 2010. Awalnya mereka membuat sari lidah buaya dan permen lidah buaya dan diberikan kepada anak-anak mereka. Ternyata anak-anak menyukainya dan dari sinilah kemudian muncul ide untuk membuat usaha.

Usaha ini berkembang dengan memunculkan varian baru. Kini produk mereka tidak hanya sari lidah buaya dan permen lidah buaya, tetapi juga lidah buaya instan, nata lidah buaya, stik lidah buaya, jenang lidah buaya, sirup dan selai lidah buaya. Usaha yang terus berkembang ini, tentu disertai usaha ibu-ibu kelompok tani Sri rejeki ini yang tidak lelah mencari informasi dari internet atau pemda dan melakukan uji coba di dapur. Kelompok ini juga didukung kelompok tani lainnya yang masih berada di kelurahan yang sama dengan menyediakan tanaman lidah buayanya. Wah bagus sekali ya… mereka saling mendukung dan bekerja sama.

Tahukah para peserta jelajah manfaat lidah buaya selain sebagai penyubur rambut? Banyak sekali ternyata manfaatnya… salah satunya adalah obat luka bakar. Itu pengalaman saya sewaktu kena knalpot beberapa waktu lalu. Mujarab lho!!! Manfaat lainnya yaitu bisa untuk obat gangguan pencernaan, hipertensi dan diabetes. Aloevera juga bisa untuk menyembuhkan jerawat atau bisul lho.. Hayoo yang jerawatan, rajin-rajin  konsumsi lidah buaya deh nanti bisa bersih jerawatnya  apalagi sekarang lidah buayanya sudah diolah menjadi makanan dan minuman yang ueenak… Bagi yang sering terkena radang tenggorokan minum nata lidah buaya bisa menyembuhkan radangnya.
Karena manfaatnya yang banyak ini, lidah buaya olahan Bu Mamik dan kawan-kawannya ini sudah sampai di Australia. Wah ternyata orang Australia suka produk lidah buaya dari Kota Batu… ini terbukti dengan order yang terus berlangsung sampai saat ini. Kalau orang Australia saja suka, tentu para peserta jelajah tidak mau ketinggalan dong… Ayo cintai produk-produk bangsa kita ini… Tunggu apalagi segera pesan disini ya ;

0 comments:

Post a Comment