Thursday, October 2, 2014



Kalau Anda berwisata ke Kota Batu, oleh-oleh bernuansa apel  seperti buah apel segar, cuka apel, sari apel, jenang apel, dan kripik apel tentu menjadi pilihan utama karena Kota Batu adalah Kota penghasil apel dengan kualitas yang terbaik. Namun tahukah Anda bagaimana awalnya sari apel ini muncul?
Ada suatu masa dimana apel di Kota Batu ini “over produksi” sehingga harga apel jatuh sampai dua ribu rupiah per kilogram, bahkan untuk apel yang kurang bagus harganya seribu rupiah per kilogram.  Hal ini tentu membuat petani apel tidak bisa mencukupi biaya operasional perkebunan. Keadaan inilah yang membuat banyak petani apel kreatif dan inovatif dengan mengolah apel menjadi produk-produk yang bernilai jual lebih baik. Maka lahirlah salah satu produk yang menjadi oleh-oleh khas Kota Batu yaitu SARI APEL.
Sekarang ini ada puluhan merk sari apel yang dijual di toko oleh-oleh yang tersebar di Kota Batu dan Malang. Dari hasil penelitian yang pernah dilakukan, sari apel dengan kandungan apel yang paling tinggi dan dibuat dengan gula murni hanyalah SARI APEL PANORAMA.
Sari Apel Panorama ini menggunakan apel manalagi yang telah berumur 4 bulan (dari pohon apel itu berbunga dan dirontokkan daunnya).  Apel-apel yang dijadikan bahan baku utama sari apel panorama berasal dari areal kebun sendiri yang masih satu lokasi dengan pabrik. Proses pembuatan sari apel ini menggunakan tenaga manusia dan mesin yang selalu diawasi dan dijaga mutunya. Kualitas produk akhir pun selalu dicek menggunakan alat yang disebut aerometer agar memenuhi SNI dan konsumen tetap mendapatkan produk terbaik. 
Pengalaman saya minum sari apel panorama membuat saya tidak mau minum sari apel lain jika tidak amat terpaksa. Mengapa? Saya sangat sensitive terhadap zat-zat pengawet atau pemanis buatan. Kalau saya tidak yakin betul akan kandungan zat pengawet atau pemanisnya saya memilih untuk minum air mineral. Karena dampak zat pengawet dan pemanis yang tidak aman tersebut membuat saya langsung sakit entah diare, tenggorokan panas/ serik, mual dan pusing. Jadi karena alasan tersebut, saya berani merekomendasikan sari apel ini untuk anda konsumsi. 
Sari apel yang berkualitas premium dapat mencegah berbagai macam penyakit mulai dari flu, diare, kanker, serangan jantung sampai stroke. Karena didalamnya terkandung vitamin A, B dan C serta mineral lainnya. Sari apel juga mengandung anti oksidan yaitu zat yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas. Kandungan pectin dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. sedangkan asam tartar nya dapat menghambat pertumbuhan penyakit yang disebabkan oleh bakteri dalam saluran pencernaan.
Manfaat lain dari sari apel adalah sebagai berikut

  1. Mencegah kanker dan menyehatkan paru - paru.Davis School of Medicine, University of California menemukan fakta bahwa buah apel kaya akan flavonoid yang dapat membantu memperkuat daya tahan sel dari kemungkinan penyakit jantung dan kanker seiring bertambahnya usia. Zat flavonid dalam apel terbukti dapat menurunkan resiko kanker paru - paru sampai 50 %. Penelitian dari Cornell University di AS juga menemukan bahwa zat fitokimia dalam kulit apel menghambat pertumbuhan kanker usus sebesar 43 %.
  2. Mencegah penyakit jantung dan stroke.Apel terbukti mencegah serangan stroke. Publikasi penelitian di Finlandia (1996) menunjukkan, orang berpola makan kaya flavonoid mengalami insiden penyakit jantung lebih rendah.
  3. Menurunkan berat badan.Sebagai sumber serat yang baik, apel baik untuk pencernaan dan membantu menurunkan berat badan. Apel merupakan camilan yang sangat baik untuk orang yang sedang menurunkan berat badan karena kadar seratnya tinggi, sehingga mencegah rasa lapar datang lebih cepat.
  4. Melindungi tubuh dari virus flu.Menurut penelitian Konowalchuck, sari apel sangat ampuh untuk melawan serangan infeksi virus. Dengan sari apel stamina dan kekebalan tubuh menjadi lebih baik.
  5. Membuat perempuan tetap cantikKandungan boron dalam apel terbukti membantu wanita mempertahankan kadar hormon estrogen saat menopause. Mempertahankan estrogen berarti mengurangi gangguan yang disebabkan oleh ketidak seimbangan hormon dikala menopause, misalnya semburan panas, nyeri, depresi, penyakit jantung, osteoporosis.
  6. Meredakan sakit diareMenurut Miriam Polunnin dalam bukunya ‘healing Foods” apel mempunyai khasiat meredakan diare
  7. Menjaga kesehatan gigi.Apel juga mengandung tanin, zat yang bermanfaat mencegah kerusakan gigi periodontal. Penyakit gusi ini disebabkan saling menempelnya bakteri pembentuk plak.

Tidak mengherankan jika kini sari apel panorama diminati banyak orang. Tidak hanya di Pulau Jawa, tetapi di Bali, Lombok, Kalimantan dan Maluku sari apel panorama ini diminati.  Jadi tunggu apalagi, yuks mari… segera order sari apel panorama ini disini. Harga hemat kualitas hebat dan punya banyak khasiat :)

0 comments:

Post a Comment