Wednesday, October 1, 2014




1. Buatlah perkiraan biaya sebelum berangkat. Bawa uang cash sesuai jumlah tersebut dan lebihkan 10% hingga 25%. Disiplinlah dengan anggaran yang sudah dibuat tsb agar biaya tidak membengkak dan kita menyesal setelah  pulang traveling.
2. Pilihlah penginapan yang menyediakan banyak fasilitas (gratis) seperti free breakfast, free wifi, free shuttle ke stasiun/bandara/ tempat wisata tapi dengan harga miring. Dengan demikian biaya sarapan, transportasi dan komunikasi dapat dihemat.
3. Gunakan  transportasi local untuk menghemat biaya. Dengan menggunakan transportasi local kita dapat melihat keseharian masyarakat setempat. Waspada akan barang bawaan kita merupakan keharusan saat kita naik transportasi umum.
4. Baca buku panduan dan search di internet untuk tempat-tempat wisata gratis. Hampir setiap kota di seluruh dunia memiliki obyek wisata yang bisa dinikmati secara cuma-cuma. Kombinasikan destinasi gratis dan berbayar. Walking Tour (keliling kota dengan jalan kaki) juga bisa jadi pilihan menarik, karena hemat dan sehat.
5. Makanlah kuliner khas daerah itu. Makanan lokal biasanya lebih murah dan enak. Cobalah makan di pinggir jalan dan hawker-centre/food court. Bingung mencari makanan khas yang halal? Klik Zabihah.com yang memiliki daftar tempat makan halal di seluruh dunia.
6. Jangan biasakan belanja dengan kartu kredit saat traveling. Fungsikan kartu kredit hanya sebagai “cadangan untuk biaya tidak terduga”.. Cukupkan belanja dengan membeli oleh-oleh dan kenang-kenangan untuk diri sendiri secara wajar.
7. Pergilah traveling dengan teman-teman yang sehati dan sejiwa. Maksudnya, kalau ada diantara teman jalan kita yang terlalu konsumtif, biasanya sedikit banyak kita akan terpengaruh juga

Diadaptasi dari www.claudiakaunang.com

0 comments:

Post a Comment