Thursday, October 2, 2014


Kota Batu merupakan kota administrative yang terletak 19km di sebelah Barat Kota Malang, Provinsi Jawa Timur. Wilayah Kota Batu berada di ketinggian 680-1.200 meter dari permukaan laut, berhawa sejuk (dengan suhu udara rata-rata 16 – 22⁰ Celcius di Kota ini dan dikelilingi beberapa gunung diantaranya Gunung Anjasmoro, Arjuno, Kawi, Panderman dan Welirang. Kota Batu terdiri atas 3 kecamatan yang meliputi 19 desa dan 5 kelurahan. 
Karena keindahan panoramanya, Kota Batu pernah dijuluki De Klein Switzerland atau Swiss kecil di Pulau Jawa oleh Belanda di jaman pra-kemerdekaan.  Banyak orang Belanda saat itu yang membangun vila di Batu dan akhirnya menetap disana. 
Sejak abad ke-10, wilayah Batu dan sekitarnya telah dikenal sebagai tempat peristirahatan bagi kalangan keluarga kerajaan, karena kesejukan udaranya yang nyaman, dan keindahan pemandangan alam sebagai ciri khas daerah pegunungan. Hal ini diketahui dari situs sejarah Candi Supo yang berada di kawasan wisata Songgoriti. Di Songgoriti terdapat sumber air panas yang menurut legenda awalnya adalah sumber air dingin yang sejuk. Namun di jaman kerajaan Sendok mata air ini digunakan untuk mencuci benda-benda pusaka yang bertuah dan memiliki kekutan supranatural maha dasyat sehingga airnya berubah menjadi panas.
Mengunjungi Kota Batu tidak akan mengecewakan hati. Kota Batu menawarkan berbagai jenis wisata: wisata sejarah (candi Songgoriti,arsitektur peninggalan Belanda, Selecta), wisata air terjun (Coban Rondo, Coban Talun, Coban Rais), wisata pertanian/ peternakan (petik apel/jeruk/stroberi,perah susu sapi), wisata kuliner (berbagai makanan lezat di seputar Alun-alun Batu, salah satunya ketan legenda), konservasi (lutuhng jawa), wisata modern (Jatim Park, Museum Satwa, Batu Secret Zoo, Eco Green Park, BNS dan Museum Angkut) bahkan wisata yang memacu adrenalin (arung jeram dan paralayang). Bapak Proklamator kita pun pernah beristirahat di Selecta dan menyatakan kekagumannya.

0 comments:

Post a Comment